Statistik Web Saya di Google Analytics

google analytics

google analytics

Alhamdulillah beberapa website saya mendapatkan trafik yang lumayan tinggi dalam satu tahun belakangan ini. Untuk periode tahun 2015, terhitung dari bulan yang sama tahun lalu mengalami peningkatan 100%.

Salah satu web saya saat ini rata-rata mendapatkan jumlah pengunjung web sekitar 140 ribu orang per hari dengan pageviews yang kadang tembus 7 juta per bulan.

Untuk menghandel pengunjung sebanyak itu saya menyewa dedicated server dengan RAM 32 GB dan 3 x 120 GB SSD di OVH. Biayanya sekitar 700 ribu per bulan.

Alhamdulillah pendapatan dari iklan bisa menutupi biaya-biaya yang ada, sisanya bisa buat beli motor kawasaki ninja setiap bulan 😀

Kelemahan dari web ini adalah tingkat bounch rate yang masih sangat tinggi. Sepertinya memang butuh keahlian khusus menulis untuk mendapat bounch yang bagus. *pasrah*

Resepnya?

Tidak ada resep canggih selain aktif menulis artikel di satu tahun pertama, dilanjut tahun kedua, ketiga, dan seterusnya. Saya tidak melakukan kampanye SEO atau menanam backlink di web-web lain. Yang saya dapatkan malah beberapa web lain, forum dan bahkan web sekelas kompas pernah merujuk ke web saya.

Saya juga aktif melaporkan web yang copy paste tulisan saya ke google, facebook, wordpress, dll. Tujuannya untuk mengurangi duplicate content, walaupun sebenarnya tidak perlu karena google sudah punya filter yang sangat bagus.

Ya sudah gitu aja

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *