Review Modem Smartfren

Laptop sering hang karena modem smartfrenSudah bertahun-tahun saya  menggunakan Speedy di rumah yang juga sekaligus berfungsi sebagai kantor untuk akses internet. Dan bisa saya katakan koneksinya stabil dan kalaupun ada gangguan tidak pernah lebih dari dua hari.

Oiya, saya pernah membaca tulisan salah seorang ahli telematika (lupa namanya) yang mengatakan bahwa konsep pemasaran bandwidth di Indonesia salah kaprah. Kalau ingin koneksi yang stabil gunakan Fixed land, jangan modem wireless seperti yang banyak dijual operator. Berdasarkan pendapat bapak ahli itu, berarti selama ini saya sudah benar menggunakan speedy 🙂

Masalahnya kemudian adalah, sekarang saya berada jauh dari rumah. Satu-satunya pilihan untuk bisa terkoneksi adalah menggunakan modem wireless. Untuk ke warnet saya ogah, selain malas jalan, saya juga khawatir dengan keamanan data. Maka jadilah saya memilih salah satu operator telepon berbasis CDMA yang juga jualan bandwidth, yang kebetulan akhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya beriklan anti lelet dan i hate slow. Oke, mari kita coba modem dan layanan internet dari Smartfren.

Saya membeli modem warna putih model Ce682 merk Haier, harganya Rp. 199.000 dengan kecepatan yang dijanjikan up to 3.1 mbps. Beli modem ini saya mendapat ole-ole gratis unlimited selama satu bulan, besok tanggal 29 maret gratisnya tersebut sudah akan habis.

Selama satu bulan menggunakan modem dan koneksi dari smartfren, kesan saya adalah jauh dari cepat. Mungkin ini juga karena saya terbiasa menggunakan speedy unlimited yang 1 mbps. Oke lah saya maklumi. Dengan kecepatan apa adanya ini saya masih bisa browsing, cek email, main facebook, buka kompas atau detik. Meskipun lambat, website-website tersebut tetap terbuka walaupun juga kadang error alias halaman tidak terbuka karena too long respond from server. Solusi untuk meningkatkan kecepatan koneksi adalah dengan membeli paket yang lebih tinggi. Semakin mahal semakin cepat, bisa diterima.

Masalah paling menjengkelkan menggunakan modem smartfren adalah membuat laptop saya hang. Tiga hari belakangan ini laptop sering hang dan tidak bisa di apa-apakan selain reset. Saya yakin ini berhubungan dengan modem smartfren sebab jika modem tidak dicolok dan tidak online, laptop baik-baik saja, tapi begitu modem di colok dan connect, tunggu beberapa saat langsung hang.

Saya curiga ini berhubungan dengan panas pada modem, sebab jika modem tidak digunakan selama beberapa jam maka laptop tidak hang saat digunakan. Nanti setelah beberapa jam kemudian baru hang lagi. Ini bahaya sebab bisa merusak hard disk laptop. Bagaimana tanggapan pihak smartfren menghadapi masalah saya?

Sambil membawa modem dan laptop saya ke kantor Smartfren di jalan Coklat, Malang. Celaka tigabelas, setelah antri selama 3 jam, di depan si cs ini laptop malah baik-baik saja alias tidak hang sama sekali. Kampret! Padahal di kos-an laptop ini hang berkali-kali. Saya semakin curiga, laptop hang karena modem yang panas, mengingat saya antri cukup lama di kantor smartfren artinya ada waktu buat modem untuk pendinginan.

Saya semakin yakin modem smartfren ini bermasalah sebab malamnya sepulang dari kantor smartfren laptop ini kembali hang saat sedang online. Yang menjengkelkan adalah, si cs dengan enaknya bilang laptop saya yang rusak, masalah bukan di modemnya. Setelah saya sanggah, dia beralasan lagi yang bermasalah windows nya, jadi harus di instal ulang (minta dihajar ya?)

Saya melakukan pencarian di google tentang modem smartfren, ternyata eh ternyata banyak yang bermasalah sama, laptop hang setelah menggunakan modem smartfren, salah satunya disini dan disini. Ada yang memposting di kaskus, di Yahoo answer dan ada juga yang menuliskan di blog nya kayak saya ini.

Karena tanggal 29 besok, free unlimited saya sudah habis, kemungkinan besar modem ini akan saya pensiunkan, hanya akan saya pakai sebagai alternatif paling akhir jika semua pilihan untuk koneksi tidak ada lagi. Mau gimana lagi, daripada laptop rusak gara-gara sering hang mending pakai modem lain. Saya akan mencoba modem GSM saja, kebetulan adik saya punya modem yang nganggur, sekarang tinggal searching operator GSM yang lumayan bagus buat internetan, yang jelas harus lebih bagus dari Smartfren.

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

7 comments

  1. Saya juga mengalami leptop ngehang saat conect pake modem. Tapi modem yang saya pake GSM dan leptopnya baru dibelikan ayah saya 2 minggu yang lalu. Windowsnyapun ori.. Dulu saat masih pake leptop yang lama dengan modem yang sama, gak pernah ngehang tu… Jadi ini salah siapa??

  2. Saya baru beli modem smart fren. Baru 1 minggu dan iya betul saya mengalami hal yg sama, setelah pake modem smart yg harganya 199.000 eh komp saya ngehang. Trus saya coba di komp kantor ngehang jg. Asem dah malah yg pc di rumah skrg tidak bisa dipake skrg lg diservice kayanya hard disk nya kena.

  3. Wah bener bener tuh si semartpren bikin nyebelin aje, tiap di colokin belum juga konek udah ngeHANG.
    Jadi yang salah siapa?
    Modemnya , PCnya / OSnya?

  4. klo aku pake modem cdma non smart tp koneksi net pake kartu smart, bila internet an lbh dari sejam di komputer maka tiba2 komputer pasti not responding alias hang, apalagi bila main game online pasti hang……ini kerusakan pada hardware pc atau modem nya yg error?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *