Mozilla Thunderbird 17 Bermasalah Dengan McAfee

Dua minggu terakhir ini saya dibingungkan dengan Thunderbird yang tiba-tiba ngadat di komputer. Program email yang biasanya secepat mobil ini sekarang jadi selambat sepeda. Entah kenapa.

Dulu sebelum menggunakan Thunderbird saya pakai Outlook Express untuk cek beberapa akun email di komputer. Sebenarnya saya suka pakai Outlook, suka sekali malah. Sayangnya Microsoft menghilangkan features luar biasa ini di Windows 7, diganti dengan program Windows Live Mail. Saya sudah melakukan tes windows mail dan kecewa dengan performanya, jalannya lambat kayak siput, mungkin karena sistemnya menggunakan Imap ketimbang pop. Ah entahlah.

Akhirnya saya pindah ke Mozilla Thunderbird setelah seorang teman menyarankannya. Pada waktu itu Mozilla memang sedang naik daun. Thunderbird adalah program pembaca email dari Mozilla, sementara Firefox adalah browser andalan mereka. Jadi waktu itu saya menggunakan dua program unggulan dari Mozilla.

Dua minggu ini Thunderbird di komputer ngadat, lambat dan sering not responding. Awalnya saya pikir penyebabnya adalah karena jumlah message belum terbaca yang mencapai puluhan ribu, akhirnya meski lambat semua email-email tersebut saya hapus. Tapi Thunderbird tetap lambat.

Ooh mungkin jumlah profil email yang kebanyakan, ah tapi tidak juga, sebelum ini baik-baik saja kok, jadi kemungkinan besar adalah ada bagian dari Thunderbird ini yang tidak saya ketahui sedang crash. Sehingga satu-satunya solusi adalah re-instal. Yap, akhirnya saya menguninstal Thunderbird, kemudian menginstalnya kembali.

Tapi inipun tidak berhasil, tiga kali saya menginstal ulang Thunderbird di komputer tapi tetap lambat. Instalasi yang ketiga saya malah menghapus semua profil email dan .msf file sehingga Thunderbird benar-benar fresh installation. Tapii tetap not responding,, ini apa yah?

Kemudian saya ingat kalau kejadian ini terjadi setelah update terbaru McAfee sekitar dua minggu yang lalu. Yaa mungkin itu penyebabnya. Akhirnya saya searching di google menggunakan kata kunci McAfee and Thunderbird 17, mudah-mudahan dapat solusi. Dan hasilnya, ternyata bukan cuma saya yang bermasalah dengan Thunderbird, ada banyak sekali orang bule di luar sana yang senasib dengan saya, emailnya jadi lambat dibuka setelah upgrade McAfee. Dari baca-baca di web tersebut, saya jadi tahu kalau penyebab Thunderbird not responding adalah karena McAfee melakukan outgoing scan di email sebelum terbaca, makanya lambat.

Ini adalah update terbaru McAfee sementara Thunderbird belum mengupdate softwarenya, jadi yang bisa dilakukan oleh customer adalah mendisable email attachment di setting real time scanning McAfee. Dan memang setelah setting tersebut saya disable, proses download email di Thunderbird jadi lebih cepat, tidak lagi not responding.

Tentu saja ini tidak aman karena email yang kita baca tidak di scan terlebih dahulu oleh McAfee terutama email yang memiliki attachment. Waduh! Untuk sementara ini saya tetap menggunakan Thunderbird sambil menunggu update terbaru dari McAfee atau Thunderbird. Mudah-mudahan tidak lama.

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

2 comments

  1. Saya juga mengalami masalah yang sama. “mendisable email attachment di setting real time scanning McAfee” itu caranya gimana ya? saya nyari-nyari gak nemu. Makasih sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *