in Jurnal harian

Domain Saya IklanJitu.Net di Idwebhost di Bajak

Iklanjitu.net, Domain ini termasuk domain pertama yang saya beli, tahun 2007. Waktu itu saya belum kenal yang namanya name.com, godaddy, Netfirms dan tempat-tempat belanja domain lainnya. Yang saya tahu cuma Idwebhost sebagai tempat hosting sekaligus tempat beli domain di Indonesia.

Hari ini, saya baru sadar kalau seseorang telah membajak account saya di Idwebhost dan telah memindahkan domain IklanJitu.net ke MasterWebnet.

Begini ceritanya,  hari ini saya mau memperpanjang domain iklanjitu.net berhubung sudah akan expire tanggal 22 januari 2011, pas login di idwebhost eh loh kok di manage service daftar domain-domain dan hosting saya kosong. Saya cek whois dari iklanjitu.net eh sudah berpindah ke email lain dan sudah terbayar sampai 2012. Jelas kaget dong saya!

Akhirnya saya YM cs Idwebhost dan kemudian telpon ke kantornya dan ketahuan seseorang berhasil mengelabui pihak Idwebhost dengan menyamar menjadi diri saya dan berkata bahwa email saya tidak bisa di buka dan meminta ijin untuk membuka account baru dan meminta pihak Idwebhost memindahkan seluruh isi account  saya ke account baru itu. Oleh pihak Idwebhost diminta copyan KTP dan tetek bengek lainnya.. dan sim salabim.. berhasil! Account saya beserta semua domain dan hosting saya di idwebhost pun berpindah tangan.

Setelah si pelaku menguasai account saya di Idwebhost selanjutnya dia membuka account di Masterwebnet. Selanjutnya bisa di tebak, pelaku akan meminta transfer domain. Caranya gampang, tinggal hubungi CS masterwebnet dan CS idwebhost dan tidak sampai 24 jam domain sudah pindah dari Idwebhost ke masterwebnet.

Jaman sekarang ini siapapun bisa membuat KTP palsu, modalnya cuma data-data dari whois.net. Tetapi setahu saya di awal daftar idwebhost tahun 2006 saya sudah pernah mengupload KTP saya, harusnya kan pihak idwebhost bisa mengidentifikasi mana yang asli mana yang palsu.

Ini pencurian.. siapa pencurinya? pastinya orang Indonesia juga.. wallahu alam. Sekarang cuma bisa berdoa semoga pihak Idwebhost bisa mengembalikan domain Iklanjitu.net ke saya.

Update : 17 januari 2011 – Domain saya akhirnya kembali setelah melalui tetek bengek yang lumayan ribet. Lapor polisi, bikin surat pernyataan, telpon sana sini, YM, dll. Alhamdulillah domain bisa kembali. Saatnya membayar domain sampai 2012.

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

Write a Comment

Comment

15 Comments

  1. Sulit untuk tidak berpikir ada kemungkinan orang idwebhost yang terlibat. Satu-satunya cara untuk menunjukkan bahwa oknum mereka tidak terlibat adalah dengan mengembalikan domain tersebut pada yang berhak.

    • Kalo saya masih percaya dengan kredibilitas idwebhost. Tapi memang ini adalah kelemahan dalam sistem idwebhost yang tidak memverifikasi ulang ke saya selaku member dan percaya begitu saja kalo email asli saya sudah tidak aktif (padahal 24 jam aktif nonstop).

    • Solusinya sekarang, disuruh tunggu. Tapi kata mereka domain iklanjitu.net sudah tidak berada di mereka tapi sudah pindah ke masterwebnet 🙁

    • Sudah di sarankan pihak idwebhost hubungi masterwebnet tapi kubilang yg di kerjain ini idwebhost bukan saya. Saya disini adalah korban karena keteledoran idwebhost. Yang harus menghubungi masterwebnet itu yaa idwebhost.. nasibb o nasib 🙁

  2. Turut berduka, om. Pengalaman yang lain sudah membuktikan dan modusnya selalu sama, mending relain aja, gakbakal balik. Kalau autorenew biasanya jauh lebih aman.

    @muridman

    • Kalo musibah yaah gak bisa di tolak hehe :). Masukan aja… kl beli domain gunakan identitas asli dan lengkap. Kalo takut data di palsukan, gunakan whois privacy. Kemudian kalo memungkinkan, pisahkan email billing dengan email registrant/admin/technician. Sama rajin2 cek member area di registrar.. kayak saya lama gak cek eh member area sudah di bajak orang lain hehe. Alhamdulillah bisa kembali.

  3. kurang profesional tuh mas idwebhost. bukankah seharusnya ada proteksi data diri. ICANN. semua domain harus ada itu. supaya data pribadi tidak dilihat melauli whois.

    • Iya sempat telpon2an, sms dan email bahkan sayanya sempat ngancam laporin ke polisi kalo gak balik. Untunglah pihak idwebhost bisa ngurus n domainnya balik lagi ke saya. Kalo di whois memang data pribadi kelihatan kecuali kita pasang privacy (kl gak salah di bayar lagi)