Cara Mencegah Browsing Directory di Blog WordPress

Beberapa saat yang lalu sewaktu login di Google Webmaster Tool, ada yang aneh di halaman Top Pages. Sebelumnya, Top Pages adalah halaman-halaman blog yang paling tinggi impresinya di Google webmaster tools. Apanya yang aneh?

Jadi gini, setelah saya perhatikan ternyata ada tiga folder yang terindeks oleh Google dan menunjukkan impresi yang lumayan tinggi.  Darimana impresi itu datang saya tidak tahu, yang pasti folder web yang terindeks google jelas aneh dan seharusnya tidak.

Folder yang saya maksud adalah …..wp-content/uploads/.. Ini adalah folder yang berisi daftar plugin dan foto yang sudah di upload ke server. Celakanya, ternyata wordpress secara default menjadikan folder tersebut bisa di browsing.

Untuk periksa apakah folder blog wordpress anda terbuka atau tidak, masuk ke link ini: http://www.domainanda.com/wp-content/uploads/

Jika halaman tersebut terbuka dan menampilkan daftar folder dan file blog anda, berarti blog anda browser enable. Jika yang muncul adalah halaman 401, black screen atau forbidden page berarti folder anda disable browsing.

Anggaplah blog anda enable browsing… sekarang bagaimana menjadikannya browser disable? gampang.. cukup tambahkan perintah berikut ini ke file .htaccess anda :

# disable directory browsing

Options All -Indexes

Save file ke server dan ulangi browsing ke url tadi.. http://www.domainanda.com/wp-content/uploads/… Seharusnya halaman yang muncul sekarang adalah forbidden page atau 401 page.

Semoga bermanfaat.

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *