Cara Melaporkan Web Blog Copy Paste ke Google, Blogspot, WordPress, Godaddy, Hostgator, dan Facebook

Awalnya saya iseng saja buka-buka copyscape, waduh ternyata… Tahukan gimana rasanya kalau tulisan yang kita buat berjam-jam tiba-tiba nangkring di website orang lain.

Tulisan ini saya buat dari pengalaman saya sendiri melaporkan beberapa website dan blog yang lumayan curang karena sering mengambil content orang lain tanpa ijin.

Google dan Blogspot termasuk cepat merespon setiap laporan pelanggaran hak cipta, rata-rata maksimal 10 hari web yang dilapor akan hilang dari search engine mereka atau postingannya terhapus di blogspot.

Caranya, untuk pelaporan secara online isi formulir di www.google.com/dmca.html nanti pilih layanan google yang dikomplain, apakah web search atau blogspot. Isi selengkap dan sedetail-detailnya kemudian klik submit. Tunggu paling lama 10 hari nanti akan ada laporan dari mereka apakah web atau blog telah terhapus, pending atau mereka butuh informasi lebih.

Hati-hati melaporkan orang lain, karena kalau asal melapor justru kita yang dapat sanksinya. Jadi laporkan yang memang benar-benar anda yakin hasil copas punya anda.

Cara yang sama bisa dilakukan untuk melaporkan pelanggaran hak cipta ke Facebook, WordPress.com, dan Hostgator. Khusus Godaddy mereka langsung menerima pengaduan via email.

Untuk facebook, isi pengaduan online di formulir di alamat website ini: https://www.facebook.com/help/contact/208282075858952. Sebelum mengisi formulir pengaduan facebook, sebaiknya anda keluar dulu atau log out dari profile facebook anda kalau sedang log in.

Melaporkan blog wordpress.com ke http://automattic.com/dmca/

Untuk melapor blog atau web yang hosting sendiri bisa langsung kirimkan dmca notice ke web hosting mereka. Untuk Hostgator, formulir DMCA mereka bisa diisi disini: http://hostgator.com/dmca.php, dan untuk Godaddy, caranya dengan kirim email ke alamat CopyrightClaims@Godaddy.com.

Ini dia contoh email balasan dari Google setelah mereka menghapus blog yang kita laporkan.

Melapor blog copy paste

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *