Pengalaman Saya Membeli Macbook Air di Tokopedia

Sudah sangat lama saya ingin beralih dari windows ke macbook. Kendala selama ini klasik yaitu harga yang sangat mahal. Ingin beli yang bekas kok rasanya ga nyaman, soalnya barang mahal kalau bekas orang takutnya ada kerusakan, apalagi saya sama sekali tidak paham soal produk-produk Apple.

Keinginan tersebut akhirnya terwujud minggu lalu. Saya membeli sebuah macbook air di Tokopedia. Sebetulnya kurang lebih 6 bulan terakhir ini saya sudah melakukan riset kecil-kecilan, dari membaca forum-forum mac di kaskus maupun di website-website lokal sampai mencari macbook bekas di olx dan bukalapak.

Saya bahkan mendatangi beberapa penjual macbook di Makassar seperti Ibox, ME Gallery dan Infinite. Ketiga peritel ini menjual macbook dengan harga yang bervariasi dan memiliki selisih 1 jutaan. Yang termahal adalah iBox dan termurah ME gallery.

Ketiga peritel ini menjual Macbook dengan iming-iming garansi resmi Apple dan katanya mereka menolak garansi produk Apple yang dibeli dari toko selain mereka. Produk-produk tersebut kata mereka adalah Black Market meskipun memiliki garansi internasional.

Selain mengunjungi toko-toko tersebut saya juga berselancar di berbagai website dan toko online. Saya mencari pengalaman orang yang membeli Macbook Air di penjual resmi seperti iBox, dll, dan juga pengalaman mereka yang membeli di toko online seperti Tokopedia, BliBli dan JD.

Tentu membeli di toko resmi lebih nyaman karena ada garansi, tapi membeli di toko resmi tersebut juga mahal, bahkan sangat mahal. Selisih jual mereka dengan toko online adalah 3 juta. Padahal membeli di toko online juga mendapat garansi.

Garansi yang diberikan oleh toko online tersebut adalah garansi internasional. Umumnya penjual membeli Macbook Air dan produk Apple lainnya di Singapura. Dan seperti kita tahu harga jual Macbook di Singapura jauh lebih murah dibandingkan harga di toko resmi Indonesia.

Jadi mekanisme garansi yang digunakan toko online tersebut adalah jika ada kerusakan di masa garansi maka kita akan mempercayakan produk yang kita beli kepada mereka untuk dibantu klaim ke Singapura.

Berisiko? iya tentu. Duit udah mereka pegang, barang juga ada sama mereka. Dan pada umumnya penjual di toko online tidak mencantumkan alamat fisik mereka jadi pembeli tidak tahu keberadaan mereka. Jadi sebagai pembeli posisi kita sangat lemah.

Tapi begitulah risikonya. Jika ingin lebih nyaman dan punya duit lebih belilah di toko resmi. Kalau mau hemat jutaan beli di Tokopedia atau toko online lain.

Tapi jangan salah.. dari pengalaman pembeli di peritel resmi, layanan after sale di toko resmi Apple di Indonesia sangat buruk. Pembeli musti menunggu sekitar 3 bulanan untuk mendapatkan perbaikan atau pergantian produk. Sangat jauh dengan servise Apple Store yang ada di Singapura yang rata-rata hanya butuh waktu 3 hari sampai komplain teratasi.

Jadi pintar-pintarlah mencari penjual terpercaya di toko online seperti Tokopedia. Jangan asal beli karena harga murah. Baca review dan ulasan para pembeli di lapak mereka. Tanyakan jika tak jelas dan minta garansi jika produk yang dibeli ternyata bekas atau refurbish.

Alhamdulillah saya membeli macbook air di tokopedia dan paket belum diaktivasi alias BNIB. Awalnya luar biasa deg-degan tapi setelah membaca ulasan-ulasan agak nyaman dan setelah barang sampai agak lega dikit sambil berdoa mudah-mudahan macbook ini gak kenapa-kenapa setidaknya selama 1 tahun ke depan.

Mudah-mudahan, kalau memang ada kerusakan, iBox mau terima dan kalau ditolak, saya akan menghubungi seller untuk dibantu klaim ke Apple Store Singapura.

Bagi yang ingin tahu seller tempat saya belanja di Tokopedia bisa inbox saya di facebook. Nanti saya kasih namanya dengan catatan saya tidak tanggung jawab sama pembelian anda yaa.. namanya juga bagi-bagi informasi.

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

2 comments

  1. Terima kasih sudah bebagi pengalaman membeli Produk elektronik yang mahal di Toko online. Toko online memang memudahkan calon pembeli mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah meski resiko juga mungkin mengincar di belakangnya.

    Selamat sudah mendapatkan barang impian ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *