Pengalaman Buat SPT Tahunan Menggunakan eForm

Hari ini baru saja selesai melakukan pelaporan SPT 2016 menggunakan eForm. Fitur ini salah satu terobosan terbaru dari dirjen pajak untuk memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPTnya.

Sangat asik dan mudah, terutama jika kita sudah terbiasa mengisi manual formulir SPT, sebab menggunakan eForm sama seperti mengisi manual tapi ini menggunakan media elektronik.

Yang paling menyenangkan adalah kita tidak perlu ke kantor pajak, mengisi SPT lalu antri sampai nomor antrian kita dipanggil. Apalagi di tanggal-tanggal akhir Maret kayak sekarang, yang antri puaaanjang banget.

Sebelum ada eForm, kalau mau lapor SPT secara online kita musti menggunakan aplikasi e-SPT (untuk usahawan yang menggunakan SPT 1770). Saya belum pernah menggunakan cara ini tapi dengar-dengar sih agak ribet.

Untuk yang mau lapor SPT menggunakan eForm, bisa ke alamat web djponline.pajak.go.id. Harus punya EFIN dulu supaya bisa login.

Kalau sudah pernah menggunakan djponline, kita tinggal aktifkan saja eForm di profil. Nanti kita diberi link untuk mendownload Viewer SPT sekaligus format SPT yang akan kita isi online.

Sekali mencoba eForm, dijamin gak mau lagi menggunakan SPT manual. Yukk..

***
Ingin berteman atau menghubungi saya langsung? Follow me di twitter @ansharas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *