For you who using Phpbb3 forum software you can put analytics software like Google Analytics and Statcounter to view your stats. Using stats software is good to review our web forum and learn the visitors habit. In this article we learn together how to put the stats code to our forum site. The forum software we use is Phpbb3 as the free popular forum on the net.

How to put statcounter code to phpbb3 forum? you can see the tutorial at phpbb forum here. Except statcounter, you can using Google analytics to view your stats. Clik this tutorial to know how and where is the place the code must be put.

Kenal Umma Azura ndak? Tidak kenal? Blom kenal aja kali .. Kalo menurut penerawanganku perkiraanku tidak sampai setahun lagi kamu pasti bakal kenal dia.

Buku perdana Umma Azura, Orange, telah terbit bulan Oktober kemarin dibawah bendera Penerbitan Ryumedia dengan cetakan perdana sebanyak 2.000
eksemplar. Kini, Orange telah beredar di berbagai kota besar di Indonesia,
dari Papua sampai Sumatera.

Isi cerita sangat singkat, padat dan banyak muatan lokalnya. Membaca Bab

pertama mbuat saya kaget karena tidak nyangka kenapa ada model cerpen kayak
gini.. Bab ke dua selesai, bab ke tiga habis .. hahh ini konsep model Cerpen
dari mana? aneh …

Orange ini, adalah kumpulan cerita pendek karangan Umma Azura. Walaupun di
cover disebut Short Stories, tetapi didalamnya ada juga kumpulan puisi-puisi
Umma yang pernah terpost di beberapa media.

Alur ceritanya sangat singkat dengan ciri khas selalu memiliki kejutan di
bagian ending. Ceritanya pendek, lugas, dan sangat jauh dari pesan-pesan
deskriptif yang biasa ada di setiap novel atau cerpen kebanyakan. Singkat kata,
Si Umma menceritakan kisah dengan metode To The Point.

Pokoknya setelah baca cerita-cerita dalam Orange ini, anda pasti kaget seperti saya waktu itu. Dicoba saja.

Posted in Buku |

Posting ini aq tulis untuk milis almamater pada tanggal 07 – 07 – 07 pukul 00.07 di kantor. Ku tulis ulang disini, supaya ndak hilang..

Penasaran dengan postingnya k sapri n percakapan ndak jelas antara roy dan k akbar plus lagi suntuk ndak ada kerjaan jadinya iseng googling “angka 777″. Hasilnya lumayan banyak. Mulai dari nilai transfer Zidane Zidan ke Madrid yang 777 Milyar sampe nomor mobile 8 yang kress 777.

Jadi teringat tahun lalu, tanggal 6 bulan 6 tahun 2006 yang waktu itu diasosiakan dengan angka 666. Dan disimbolkan sebagai hari kelahiran raja Iblis, Lucifer. Trus melamunnya lanjut ke masa-masa kuliah di tahun ke 3, sempat ngeri juga waktu itu. Ada yang ingat dengan angka heboh dobel kiu-kiu?, 999 jam 9 pagi. Katanya kiamat akan datang.. Gila ..sampe di muat di Fajar.

kembali ke laptop

… Pada awalnya angka 666 berasal dari kitab Wahyu 13:18. yang disusun dari sastra Apokaliptik.

Sastra Apokaliptik adalah sebuah sastra dalam tradisi Yahudi dan Kristen yang banyak berbicara tentang simbol dan angka-angka spesial yang digunakan untuk melambangkan sesuatu. Misalnya Angka 7 yang bermakna “kesempurnaan” dan angka 6 adalah angka yang bermakna “tidak sempurna”.

(saya copy tanpa edit)
….. Dengan demikian, orang sering menuliskan 777 untuk mengacu pada Allah Tritunggal. Sebab Dia maha sempurna. Sementara itu untuk iblis, karena ia tidak sempurna ia dilukiskan dengan angka 6. Namun angka 6 saja dapat berarti manusia, sebab manusia juga tidak sempurna. Maka untuk memberi penekanan bahwa yang dimaksud adalah iblis, angka 6 dituliskan 3 kali menjadi 666. Dengan menuliskan angka 6 tiga kali, hal ini bermaksud menunjukkan penghujatan kepada Allah Tritunggal yang dilambangkan angka 7 tiga kali…..(end of copy).

Trus, kenapa 777 begitu spesial ? Dari keseluruhan, alasan yang bisa diterima adalah konfigurasi angka 7-7-7 merupakan angka yang sangat universal. Dalam Kristen Katolik, dikenal adanya tujuh kebaikan, tujuh dosa, dan tujuh sakramen. Di agama Hindu dikenal juga tujuh cakra. Kedua kitab suci, Injil dan Taurat mengatakan bahwa di hari ketujuh Tuhan beristirahat setelah menciptakan dunia.

Dalam budaya Yahudi Ortodoks disebutkan, sebelum menikah, pasangan pengantin harus mengitari tenda pernikahan sebanyak tujuh kali. Hal ini sebagai simbol tujuh hari penciptaan alam semesta. Kota Roma juga dibangun di atas tujuh bukit. Masih banyak keajaiban 7 lainnya. Seperti tanggal 7 Juli di Jepang adalah tanggal perayaan festival kasih sayang (pernah ada yang dapat ucapan “selamat hari persahabatan sedunia?” beredar di YM minggu lalu)

Dalam Islam juga ada banyak angka yang berkaitan dengan tujuh, ada langit ke tujuh, surga dan neraka 7 tingkat, jembatan sidratal muntaha yang tipisnya seperti rambut di belah tujuh.

Dikalangan penjudi mendapat angka 777 berarti jackpot. Kl Unhas ada DO tahun ke 7. Nomor fleksi yang 777. Apa lagi yah ..

777 memang angka spesial, saking istimewanya banyak yang menjadikan 777 sebagai tanggal pernikahan, contoh paling dekat adalah K Suhe (S 94), yang akad nikahnya tanggal 07-07-07 besok. Insya Allah hadir di resepsinya, lama ndak ketemu, dan contoh paling jauh adalah Artis Irfan Hakim yang menyunting Della Sabrina Indah Putri pada tanggal 777. Irfan sudah mempersiapkan maskawin uang tunai sebesar 7.777.777 rupiah serta perhiasan emas seberat 77 gram.

Bahkan hari ini, Di Las Vegas telah ada 3.000 pasangan yang siap mengikuti nikah massal sabtu besok. Kalo diperkirakan waktunya, saat ini mereka pasti lagi sibuk-sibuknya 🙂

Menurut paranormal Hajjah Monalisa. Angka ‘7’ (tujuh) memiliki arti keberuntungan. Dan tanggal 7, bulan tujuh tahun 2007 besok, akan terjadi sesuatu yang istimewa bagi perorangan, bukan untuk semua orang.

Hasil kerjaan iseng di google, yahoo, dan answer.com ini akhirnya berakhir dengan hitung-hitungan matematika tentang angka 7 (sok ilmiah nih) .. siapkan kalkulator, sempoa, pulpen, kertas ato notepad anda 🙂

Warning!! Hitung-hitungan dibawah ini di buat oleh orang yang tidak ahli di bidang nya ..kemudian di copy paste bulat-bulat oleh orang iseng ndak punya kerjaan..

(sory link nya lupa dimana tadi)

Coba 1/7 = 0.142857, coba lagi 2/7 = 0.285714 sampe 10 kayak gini :

1/7 = 0.142857
2/7 = 0,285714
3/7 = 0,428571
4/7 = 0,571428
5/7 = 0,714285
6/7 = 0,857142
7/7 = 1
8/7 = 1,142857
9/7 = 1,285714
10/7 = 1,42857

Pola yang menarik bukan. Kok bisa? Tentu, soalnya 28 =14 x 2 dan 57 = 28,n x 2. Dan n tentulah 571428 lagi. 3/7? 0.428571. Dan begitulah 6 angka membentuk 6 kemungkinan yang deretnya nggak berubah. Yang ketujuh tentulah 7/7 = 1, tanpa sisa.
(sumpa, sy sudah pake kalkulator itung-itung kayak diatas tapi ndak ngerti-ngerti juga.. ada yang bisa jelaskan ndak, mau nanya webmasternya tp sudah lupa alamatnya dimana)

Keistimewaan Tujuh yang lain. Sebuah bilangan vvvwwwxxxyyyzzz adalah kelipatan atau bukan kelipatan 7 jika vvv-www+xxx- yyy+zzz juga kelipatan atau bukan kelipatan 7.

Misalnya, apakah 950547276 adalah kelipatan 7? Kita uji dengan menghitung 950-547+276. Hasilnya 679. Dan 679 adalah 700 – 21, jadi kelipatan 7. kalau begitu 950547276 pastilah kelipatan 7. Coba cek pake kalkulator. Ajaib? Nggak juga. Soalnya 1001 itu kelipatan 7 :).

(Yang ini aq juga ndak ngerti .. angka 1001 itu dari mana ?) .. aneh.

Terakhir, kenapa namanya tujuh? orang Makasar bilang tuju, orang Jawa bilang pitu, orang Sunda bilang tujuh, orang Manado bilang pitu, Rumpun melayu umumnya bilang tujuh, tujoh, tajuh, to’juh, kjuh. Ada juga yang cuman juh aja.

That’s all. Akhiri iseng .. dengan pertanyaan iseng-iseng, Kenapa Roy terharu ? Kapan kejadian terharu itu terjadi ? Apa yang di harukan ? Bagaimana prosesnya, Dimana Roy terharu ? …. Trus Roy itu siapa ?

Halahhhh .. Roy Bagi dong gosipnya 🙂 yang ini beneran ndak ada di google. YM aja…

Btw, sebenarnya saya pribadi lebih senang angka 8, besoknya, jam 12 siang Tanya kenapa ????

skr sudah jam 00.07 tanggal 7 bln 7 taun 2007.. semoga bermanfaat..

Awal tulisan setelah proses hibernasi yang cukup lama

Menulis seperti menjadi sebuah keunikan tersendiri ketika waktu senggang dan alam pikiran bersatu untuk menciptakan sebuah proses kreatif yang terlalu sayang untuk hanya diingat dan tidak diabadikan dalam sebuah tulisan.Sebuah pameo latin mengatakan

vox audita perit. littera scripta manet
“suara yang terdengar akan hilang, kalimat yang tertulis akan tetap tinggal”.

Kadang suatu gambaran imaji, suara, dan alam pikiran yang terasakan indah dan luar biasa, menjadi terlupakan seiring berlalunya waktu, dan oleh karena itu tulisan hadir untuk mengabadikannya. seorang penulis dengan licentia Poetica-nya dapat menciptakan sebuah keliaran kreatif dalam mendeskripsikan obyek yang terlihat menarik baginya.

Tidak masalah apabila hal itu terasa subyektif sekali dalam sudut pandang penulis, dan tidak masalah bila sebuah tulisan menjadi tidak obyektif menurut pandangan orang lain. Sudut pandang disini kita lihat sebagai sudut pandang sastra bukan sudut pandang berita (dan bukan mustahil pula berita-pun terpengaruh dan teracuni oleh licentia poetica penulisnya [baca:kepentingan perusahaannya] dan terlepas dari obyektifitas berita)

Pendeskripsian menjadi begitu luar biasa di tangan para penulis, bagaimana Muhaimin M Dahlan mendeskripsikan perjuangannya sebagai aktivis lingkar kampus yang juga sibuk mencari makan dan mencari cinta dalam karyanya aku buku dan sajak cinta, bagaimana Emha Ainun nadjib begitu trengginas mendeskripsikan situasi serba tertekan bangsa ini dalam era Orde baru dengan sentilan menyengatnya menggunakan analogi tokoh punakawan sebagai sang ratu adil dalam bukunya arus Bawah, bagaimana ahmad tohari mendeskripsikan dan mentransisikan pandangannya mengenai keindahan alam pedesaan dan sosio kultur di pojokan tengah selatan jawa kepada para pembaca, dalam karyanya trilogi Ronggeng Dukuh Paruk

Menulis adalah sebuah proses berpikir,proses berpikir adalah sebuah Ijtihad [bahasa arab;red], dan proses Ijtihad tidak akan pernah tersia-sia.

Semakin banyak media belakangan ini yang mendorong orang-orang untuk gemar menulis, dengan berbagai latar belakang niat dan tujuannya masing-masing. entah untuk mengkritisi keadaan, mengisi waktu luang, ajang aktualisasi diri, sarana eksibisionisme tingkat intelektual, mencari uang, atau hanya sekedar sebuah keisengan belaka. dari Website, Blog, Y**** Messenger, M**C, Email, SMS, dan lainnya semakin memberikan kemudahan bagi subyek-subyek orang-perorang untuk menuliskan buah pikirannya dan memberanikannya untuk dapat di apresiasi oleh orang lain.

Sebelum menulis, tidak ada salahnya [dan bahkan lebih baik] apabila “calon penulis” memiliki kearifan untuk membaca, membaca dalam pengertian yang luas. membaca jaman, membaca alam, membaca tingkah perilaku orang-orang, membaca dinamika sosial dan budaya lingkungan sekitar. Sejatinya Proses menulis dan proses membaca adalah bagai dua buah sisi mata uang yang saling melengkapi. Proses membaca untuk menulis adalah sama pentingnya dengan proses menulis untuk dibaca. Jadi mari kita Menulis dan mari kita membaca

…You are still young.
Free do yourself a favour.
Before it’s too late.
Without thinking too much about it first, Pack a pillow and a blanket,
and see as much of the world as you can.
You Will not regret it.
One day it will be too late.

Percakapan Ghose dengan Ashoke, dalam Novel The Namesake; karya Jhumpa Lahiri yang juga dikutip oleh Sigit setiawan dalam bukunya menyelusuri lorong-lorong dunia, seakan mengajak untuk skali lagi bangun dari kemalasan,melihat dunia, membaca Jaman dan akhirnya menulis peradaban…..^_^

I’m sory, i still learning about this wordpress.. Thanks to Ruang