Mozilla Firefox 4 Lambat dan Sering Hang

Bagus sih dari segi tampilan, cuma kecewa dengan performanya apalagi kalau sudah browsing 30 menit-an. Semakin lama kita browsing menggunakan Mozilla firefox 4 maka memory yang digunakan juga semakin tinggi. Yang paling sebel kalo buka facebook, yang muncul malah Not Responding. Kalau sudah gitu, solusinya cuma satu harus di restart. Capedeeeh..

Sebagai gantinya sekarang saya menjadikan Chrome dari Google sebagai default browser di laptop. Dari pengalaman, jika kita membuka website-website kepunyaan Google (Google analytics, Picasa, Feedburner, dll) menggunakan Chrome maka loadingnya lebih cepat. Berhubung saya lebih sering berada di web google maka menjadikan Chrome sebagai default browser sudah tepat.

Bagaimana dengan Internet Explorer 9 ? Suer, browser IE 9 menurut saya lebih baik daripada Mozilla 4. Tampilan sama-sama cantik tapi loading IE 9 lebih cepat. Selama browsing menggunakan IE 9 belum pernah saya dapat message Not Responding seperti di Mozilla Firefox 4.

So ini pendapat pribadi saja karena saya juga sudah membaca beberapa blog yang mengatakan Mozilla 4 mantap jaya suprana (meski heran kok bisa).. ah sudahlah :)

Update 10 Januari 2013:

Sekarang saya menggunakan Opera sebagai default browser. Selama dua tahun ini saya menggunakan Chrome dan sepertinya memang bagus cuman masalahnya muncul saat membuka youtube. Loading jadi lama. Sementara di Opera saya melihat ada fasilitas Turbo browsing, artinya kecepatan browsing kita otomatis bertambah.

Saya belum memutuskan akan menggunakan yang mana. Chrome bagus tapi di komputer cuma bisa sampe 8 tab, lebih dari itu jadi lambat. Opera sepertinya bagus tapi mesti nunggu dulu, mau lihat bagusnya sampe dimana.

So far, di laptop ini saya punya empat browser. Awalnya Internet Explorer dari Microsoft yang saya pakai untuk menginstal Firefox. Dari Firefox saya menginstal Chrome dan dari Chrome akhirnya saya menginstal Opera.

Update 16 Juli 2013 (Puasa Ramadhan hari ke-7)

Ternyata saya tidak betah menggunakan Opera. Sekarang saya jadi fans berat Chrome. Setelah membaca ulang postingan di atas, saya jadi heran sendiri dan baru sadar pernah mengalami masalah dengan browser. Di Chrome semua permasalahan di Mozilla dan IE tidak ada lagi.

Mengenai Opera saya masih sering menggunakannya terutama jika membuka web-web video, saya menilai performa Opera sangat bagus, kekurangannya mungkin cuma di plugin dan beberapa web yang tidak kompatibel.

19 comments

  1. saya setuju banget dgn pendapat mas bro. saya juga merasakan hal yang sama jika browsing pake mozilla 4 ini, terasa lambat banget..

  2. Pengalamannya kok sama dengan saya ya? :) Pertama kali pakai Mozilla versi 3.x terus katanya ada update ke 4.0. Ya udah saya cobain versi 4.0 tapi anehnya browser gak mau loading. Kesel banget! Akhirnya terpaksa balik lagi ke versi 3.x. Beberapa bulan kemudian ada update lagi ke 4.0.1. Saya coba instal. Beberapa minggu pertama lancar pakainya tapi lama-kelamaan sering keluar pesen not responding. Makin kesel deh sama Mozilla ini! Padahal pakai browser lain tidak pernah ada masalah. Akhirnya sekarang jarang pakai Mozilla, pakai K-Meleon, enteng banget browsernya.

    1. Betul.. sudah search di google info cara mempercepat loading mozilla, rata2 disuruh disable atau delete plugin. Ini plugin2 sudah di delete tapi masih lambat.. yaa udah pindah ke chrome deh :D

    1. Iya, chrome lebih ringan, apalagi sekarang sudah ada extension-nya kayak plugin di mozilla, jadi perasaan jadi lebih nyaman

  3. ah, google chrome menurut saya sama goblok nya. download-an saya sering interrupted dan ga bisa di resume dan ga ada pilihan seperti “show in folders”. hilang!!!!!!!!!!! google chrome ANJIIIIING!!!!!

  4. whahaha … parah bnget , sama aja gan kayak pnya ane ,, sering not respon pas lge asik” maen poker eh tiba” macet aturan’a mnang jadi kalah dah ashu emng !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>